advertisement
Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung - Kicau Mania

Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung

Written by on ,
advertisement
Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung - Pada saat melakukan perawatan masa ngurak/mabung Murai Batu tentu akan sangat melelahkan dan membosankan bagi pemilik burung tersebut, hal ini di karenakan murai batu yang sedang mengalami masa seperti ini tentunya akan sangat membutuhkan perhatian yang sangat ekstra dalam hal perawatan setiap hari yang tepat dan akurat dan juga harus selalu memberikan asupan sumber nutrisi yang cukup agar proses masa mabung burung bisa berlangsung dengan maksimal dan sempurna.

Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung
Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung
Pada saat proses masa mabung Murai Batu berlangsung tentunya burung harus beristirahat dengan total baik dari kicauannya dan juga perawatannya seperti penjemuran dan pengumbaran setiap harinya. proses masa mabung murai batu ini terjadi paling lambat kurang lebih selama 3 bulan dan ada juga yang terjadi selama 1 1/2 bulan. dalam kondisi seperti ini tentunya anda sebagai pemiliknya harus bisa memberikan perawatan yang sangat ekstra pada murai batu yang sedang mabung/ngurak tersebut. dan tentu tidak heran selama beberapa bulan ke depan anda tidak bisa menikmati secara maksimal kicauannya dan juga anda tidak bisa membawanya ke perlombaan. maka dari itu pada kesempatan kali ini akan memberikan ulasan informasi lengkap mengenai Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung berikut di bawah ini ringkasannya.  

Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat
Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung :
Dengan Merubah Pemberian EF ( Ekstra Fooding ) : 

- Dalam hal ini tentunya anda harus memberikan pakan ef jangkrik misalnya hariannya 5/5 pagi dan sore, di tambahkan menjadi 7/7 pagi dan sore hari. dalam hal ini di karenakan pada saat mabung tentunya burung sangat membutuhkan asupan yang cukup.

- Untuk porsi pemberian ulat hongkong bisa anda berikan sebanyak 5/5 pagi dan sore hari, dalam hal ini bertujuan agar bulu - bulu burung bisa cepat rontok. 


Lakukan Proses Pemasteran Dan Setingan Pakan EF Pada Saat Dorong Ekor :

Sesudah terlihat sebagian besar bagian dari bulu - bulunya yang rontok sudah terlihat tumbuh terutama bulu di bagian ekornya tumbuh ( atau sering di sebut dorong ekor ) tentunya pemberian dari pakan ef jangkrik harus di tingkatkan kurang lebih 9/9 pagi/sore dan siang berikan 3 hingga 4 ekor dan juga ef kroto harus di berikan sebanyak kurang lebih 2/2 sendok makan pagi/sore hari.

Lakukan Proses Perawatan Setiap Hari Yang Tepat :

- Dalam hal ini tentunya burung harus di tempatkan di lokasi tempat yang tenang jauh dari kicauan burung sejenis dan biarkan burung beristirahat dengan tenang.

- Lakukan proses pengerodongan burung setiap hari dengan cara full kerodong, terkecuali pada saat memberikan pakan, memberikan minum dan membersihkan sangkarnya.

- Ingat selama masa mabung dan tumbuh bulu burung belum selesai, burung tidak boleh di jemur.

- Dengan memberikan proses pemasteran setiap siang hari dan waktu malam hari pada saat burung beristirahat.

- Dalam melakukan proses memandikan burung alangkah baiknya bisa menggunakan keramba pemandian dan bisa juga dengan menggunakan cepuk mandi.

Semoga dengan ulasan informasi di atas anda bisa lebih mengetahui proses perawatan murai batu yang sedang mengalami masa mabung/ngurak yang baik dan benar, khususnya bagi anda yang sedang mencari informasi tersebut. cukup sekian informasi mengenai Perawatan Burung Murai Batu Yang Tepat Ngurak/Mabung dan terimakasih atas kunjungannya semoga bermanpaat. 

advertisement