Cara Mengetahui Lokasi Sarang Burung Tengkek Udang Di Habitatnya Di Alam Bebas

Written by on ,
advertisement
Cara Mengetahui Lokasi Sarang Burung Tengkek Udang Di Habitatnya Di Alam Bebas - Untuk anda yang belum mengetahui lokasi dan tempat di mana biasanya Burung Tengkek Udang membuat Sarang di habitatnya di alam bebas, pada kesempatan kali ini akan memberikan ulasan informasi lengkapnya untuk anda. burung tengkek udang atau pada umumnya sering di sebut dengan sebutan burung cekakak jawa ( cyanoventris ) merupakan burung raja udang yang mana burung endemik dari pulau bali dan jawa. ukuran tubuh yang di miliki burung ini dari bagian ujung ekor hingga ujung paruhnya kurang lebih 24 hingga 25 cm. di habitatnya di alam bebas untuk Kebiasaannya setiap hari burung cenderung terlihat sering terlihat di lokasi pematang sawah baik itu hanya sekedar bertengger maupun untuk mencari makanannya berupa katak kecil atau sering di sebut bancet dan juga jenis ikan - ikan kecil yang ada di sawah. oleh karena hal tersebut tentunya burung ini sangat populer. tentunya bukan hanya itu saja burung juga bisa di jumpai di ranting - ranting pohon kecil yang berada di pematang sawah serta di kabel - kabel listrik yang melintasi di atas pematang sawah.

Cara Mengetahui Lokasi Sarang Burung Tengkek Udang Di Habitatnya Di Alam Bebas
Cara Mengetahui Lokasi Sarang Burung Tengkek Udang Di Habitatnya Di Alam Bebas
Di alam bebas tentunya tidak jarang juga burung tengkek udang melintas diatas pemukiman manusia sambil mengelurakan suara khasnya yang sangat keras dan tajam. di habitatnya juga burung sering berkunjung ke lokasi tempat dekat dengan sumber air bersih dan mereka sering bertengger di atas pohon kecil yang memiliki ranting- ranting yang kering. hal tersebut di lakukannya untuk mencari makan berupa ikan, katak, serangga kecil serta vertebrata kecil. pada saat burung mendapatkan target makngsanya burung tengkek udang agar segera meluncur dan mendarat ketanah dan meloncat untuk menangkap mangsanya. untuk musim berkembangbiak burung tengkek udang di habitatnya di alam bebas yaitu di mulai dari bulan Februari hingga bulan September. tempat dan lokasi biasanya burung membuat sarang di bagian tebing-tebing yang vertikal dekat dengan sumber air seperti di tepian sungai, bentuk dari sarangnya berbentuk lubang dengan ke dalaman kurang lebih 50 gingga 65 cm. untuk lebih jelasnya tentang Cara Mengetahui Lokasi Sarang Burung Tengkek Udang Di Habitatnya Di Alam Bebas berikut ulasan  informasi lengkapnya di bawah ini.

Sarang Burung Tengkek Udang Di Alam Bebas
Sarang Burung Tengkek Udang Di Alam Bebas
Di habitatnya di alam bebas lokasi di mana burung tengkek udang membuat sarang yang mana di bagian tebing - tebing yang posisi tebingnya vertikal, pada saat burung akan membuat sarngnya, burung tengkek udang akan membuat lubang kurang lebih 2 hingga 3 meter di atas tanah. sarangnya berada di dalam lubang tersebut dengan ke dalam dari mulut lubang kurang lebih 50 hingga 65 cm. pada bagian dasar lubang terdapat lekukan yang mana lekukan tersebut ada karena bekas kaki burung tengkek udang tersebut pada saat masuk ke dalam lubang di mana burung akan masuk ke sarangnya.

Telur yang di hasilkan dalam 1 sarang kurang lebih 3 hingga 4 butir dengan bentuk dari telurnya berbentuk bulat berwarna putih. porses pengeraman hingga telur menetas kurang lebih seiktar 14 hingga 15 hari dan Dalam jangka waktu 3 minggu anakan burung tengkek udang bagian dari bulunya akan cepat tumbuh penuh serta bagian dari selaput bulunya sudah hilang semua

Baca Juga : Mengetahui Sarang Burung Anis Merah Di Habitatnya

Baca Juga : Mengetahui Lebih Dekat Tempat Sarang Burung Apung Di Alam Liar


Semoga dengan ulasan informasi di atas anda bisa mengetahui di mana tempat ataupun lokasi biasanya burung Tengkek Udang mebuat sarang di habitatnya di alam bebas dan khususnya untuk anda yang sedang mencari informasi tersebut. cukup sekian ulasan informasi mengenai dan terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanpaat untuk anda.

advertisement