Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina

Written by on ,
advertisement

Kicau Mania : Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina - Burung Anis Merah merupakan salah satu jenis burung kicau yang lumayan terkenal di para pendengar hobi burung kucauan, khususnya di indonesia. Anis Merah mempunyai nama lain seperti punglor merah atau biasa juga dinamakan punglor cacing. Nama ilmiah dari anis merah sendiri merupakan Turdus citrinus. Anis merah tersebar di sebagian besar benua asia, termasuk juga indonesia hingga manalysia. Anis merah di indonesia bisa dibedakan jadi 2 ras, yakni ras Zoothera citrina gibsonhilli dan juga Zoothera citrina innotata. Akan tetapi burung tersebut susah di bedakan Antara Anis Merah Betina Dan Jantan.

Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina
Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina

Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina - Akan tetapi Burung Anis merah tergolong kedalam burung kicau yang susah untuk bisa dibedakan pada jenis kelaminnya. untuk itu tidak sedikit yang salah tafsiran pada saat memilih anis merah jantan dan juga betina, baik pada saat sudah dewasa ataupun yang masih anakan/bakalan. akan tetapi menurut pengalaman para pencinta burung yang sudah berpengalaman, apabila burung anis merah sudah mulai dewasa, sehingga tingkat kesusahan untuk bisa membedakan jantan dan betina lebih susah. dikarenakan lebih sangat mudah membedakan anis merah yang masih anakan atau trotolan.dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina berikut ringkasannya.


Anis Merah Jantan
- Mempunyai warna bulu hitam yang lebih mengkilap daripada AM betina.
- Pada tulang kloakanya, AM jantan mempunyai tulang kolaka yang rapat dan juga runcing.
- Pada saat berjumpa dengan burung anis merah lain, AM jantan dewasa dapat berkicau dan juga mengangkat-angkat kepalanya.
- Pada saat masih tetap anakan/trotolan, AM jantan mempunyai sayap yang berwarna hitam mengkilat dan juga tidak terdapat warna kuning.
- Pada saat mulai tumbuh dewasa, warna hitam pada sayap dapat makin mengkilap.
secara total, fisik AM jantan lebih panjang dan juga ramping.

Anis Merah Betina
- Warna bulu tampak lebih kusam daripada AM jantan
- Mempunyai tulang kloaka yang lebih lebar hingga kelihatan lembek.
- Bila berjumpa dengan anis merah lain, AM betina dewasa dapat menggetarkan sayapnya sambil ngriwik/bersiul "ciirrr-ciirr."
- Pada saat masih anakan/trotolan, pada sektor sayapnya terdapat bintik-bintik berwarna kuning.
Dan juga pada saat tumbuh dewasa, warna kuning pada bagian sayap akan memudar hingga nyaris tidak tampak lagi.
- Secara fisik AM betina akan kelihatan lebih pendek dan juga condong kelihatan bulat.


Itulah sekian banyak Tips Mengetahui Ciri - Ciri Anis Merah Betina yang mampu anda pahami. Setidaknya yang merupakan aset untuk bisa membedakan anis merah jantan dan betina pada saat anda hendak membeli. cenderung juga ada sekian banyak oknum bakul burung nakal yang sengaja menyemir bulu trotolan AM betina biar tampak seperti AM jantan. anda juga mesti waspada. Usahakan membeli AM di ruang penangkaran yg telah terpercaya hingga mempunyai kredibilitasnya tinggi.
advertisement