Cara Ternak Ikan Mas

Written by on ,
advertisement

Cara Ternak Ikan Maskan -  Ikan Mas adalah merupakan salah satu ikan yang banyak di konsumsi yang juga dapat di gunakan sebagai kebutuhan banyak msyarakat. Ikan ini merupakan jenis Ikan yang mempunyai tekstur daging lembut dan rasanya lezat dan juga sangat gampang dalam hal pengolahannya dan dapat dijadikan untuk olahan beraneka ragam jenis makanan.

Cara Ternak Ikan Mas
Cara Ternak Ikan Mas
Cara Ternak Ikan Mas - Ikan Mas adalah merupakan jenis kedalam kategori salah satu jenis ikan yang paling ternama di bandingkan dengan jenis kategori ikan yang hidup dia air tawar lainnya dan terkecuali itu jenis ikan ini sudah lama di budidayakan dan juga di ternakan di negara kita indonesia.dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Ternak Ikan Mas berikut ringkasannya.

Kolam
Seperti pada cara ternak ikan jenis lainnya untuk proses pembangunan kolam yang bisa anda manfaatkan adalah merupakan dari dinding beton dan pada dasarnya pada kolam adalah tanah bersama ukuran 10 mx 5 mx 1,5 m. akan tetapi untuk ukuran juga berfariasi tergantung lahan yang anda punyai setelah itu kolam dapat juga di jalankan pengeringan yang bisa berfungsi untuk menghilangkan hama serta kuman / mikro organisme yang terkandung dalam kolam ikan tersebut.

Pengeringan dapat dilakukan tatkala 3-7 hari hingga bagian dasar kolam memang sudah terlihat kering (umumnya hingga retak-retak tanahnya). bila berjalan dikarenakan pengaruh curah hujan yang cukup tinggi dan juga dikarenakan itu tidak dapat mengeringkan kolam secara maksimal itu juga sanggup dilakukan secara alteratif dengan cara trick pemupukan dan pengapuran.

Pengapuran berfungsi untuk dapat menyeimbangkan keasaman pada kolam hingga sagup menunjang untuk bisa memberantas mikroorganisme patogen. jenis yang difungsikan merupakan kapur dolomit. Pengapuran dilakukan dengan cara di tebar secara merata di atas permukaan kolam. dikarenakan ada genangan air yang tidak bisa kering di karenakan curah hujan yang cukup tinggi sehingga bisa untuk memberi sedikit dosis yang lebih dari ukuran kolam kita dari ukuran kolam di atas bakal di pakai kapur dolomid kurang lebih 3-4 kantong.

Pemupukan juga dapat di jalankan.untuk bisa memanfaatkan kombinasi pupuk organik ditambah urea dan TSP. jenis pupuk organik bisa pupuk kandang atau kompos dengan maksud pemupukan tambak dilakukan agar supaya tumbuh hewan air dan juga tumbuhan air di dalamnya. pemupukan dilakukan guna untuk bisa menyediakan nutrisi bagi organisme seperti fitoplankton, kutu air hingga cacing dan juga sebagai pakan ikan alami sewaktu ikan dalam penyesuaian dengan lingkungan di dalam kolam.


 Isi Air Kolam
Isi Air Kolam
Pengisian air kolam mampu anda lakukan sesudah seluruh langkah di atas sudah tercukupi, air sanggup di isi kedalam kolam dengan kapasitas 40-60 cm di karenakan keadaan komune plankton sangat ideal untuk makanan alami dan juga bahan terlarut yang pass rendah. pada awal budidaya ternak Ikan Mas kebanyakan selagi satu pekan situasi air tetap setabil. seterusnya dapat dilakukan tambahan hingga sampai pengurangan air maka PH dan berfungsi untuk menjaga ke asaman pada air agar setabil.

Suhu air juga sangat utama bagi kehidupan ikan mas suhu air mempengaruhi kehidupan ikan mas. Suhu yang ideal untuk proses budidaya merupakan 50-310 derajat C. Kalau suhu berfluktuasi drastis, sanggup berdampak buruk bagi pertumbuhan embrio ikan. Suhu air dipengaruhi oleh radiasi matahari, suhu hawa, cuaca, dan juga samapi tempat

Untuk kolam, kedalaman air yang idealnya merupakan 60 - 150 Cm. Air terlalu dangkal menyebabkan perubahan suhu terlalau cepat besar dan juga bila air terlalalu dalam juga akan mengakibatkan perbedaan mencolok dalam suhu air tersebut.

Tebar Benih
Tebar Benih
Dari Sekian Banyak orang bisa saja tidak jarang meremehkan dalam proses penebaran Benih ikan mas. di saat yang bagus untuk proses pengerjaannya merupakan pada saat pagi hari dan juga sore hari dan waktu benih bakal di tebar pertama - tama anda harus melakukan pereda stres yang merupakan sebagai berikut :
- Siapkan Ember Atau Bak ;
- Ambil air dari kolam calon budidaya Pembesaran;
- Masukan Kedalam Ember/bak ;
- Masukan Benih ikan mas Kedalam ember yang sudah terisi air dari kolam budidaya dan diamkan tatkala kira-kira 1 jam dengan maksud untuk penyesuaian ikan dengan air calon habitatnya;
- Sesudah itu tebarkan benih kedalam kolam;
Agar supaya bisa memperoleh mutu hasil budidaya ternak Ikan Mas di sarankan benih yang di tebarkan memiliki ukuran yang sama supaya laju pertumbuhan juga berlangsung seragam.

Benih Yang Bagus
Untuk memastikan benih ikan bagus bisa di perhatikan dari ciri-ciri sebagai berikut :
- Ukuran Benih seragam;
- Ikan kelihatan aktif dan juga agresif;
- Warna ikan nampak lebih cerah;

Benih yang kurang bagus umumnya :
- Tidak aktif
- Warna tampak lebih kusam
- Jarang Melaksanakan Pergerakan
Apabila kriteria d iatas telah tercukupi bisa saja berhasil budidaya lebih besar.


Pakan Bibit Ikan Mas
Pakan ikan tidak dilakukan pada saat hari pertama dan juga kedua sesudah tebar di karenakan di dalam kolam masih mengandung tidak sedikit makanan alami seperti plankton, ganggang hingga kutu air dll. dan baru masuk ke-3 hari kita sanggup mulai memberikan pakan pelet, sebelum pelet di beri pada benih ikan apalagi pertama - tama kita rendam pelet tersebut dengan menggunakan air hangat mengapa demikian dikarenakan pelet tersebut dapat mengembang dan jikalau segera di berikan pada bibit ikan mas sehingga pelet dapat mengembang di dalam perut bibit ikan mas tersebut bisa saja mengakibatkan kematian pada bibit ikan mas, pelet ikan sangat penting dan juga banyak mengandung protein 20%, 15% karbohidrat serta 20% lemak.

Agar keperluan dan kebutuhan gizi bibit ikan mas bisa tercukupi dengan baik dan dalam perkembangan bibit ikan mas terjadi pas dengan target. pemberian pakan dilakukan dengan frekuensi pada saat pagi, siang, dan juga tengah malam dikarenakan ikan mas merupakan dan juga termasuk kedalam jenis ikan kanibal.

Pengolahan Air
Pengolahan Air butuh dilakukan di karenakan aspek kesuksesan dalam hal ternak dan budidaya ikan mas. setiap 15 hari butuh dilakukan pengurangan dan juga tambahan air sebanyak 50% untuk bisa menjaga keadaan air stabil. Mengecek keasaman hingga PH air setiap perubahan air dapat mempengaruhi laju pertumbuhan bibit ikan mas. di sarankan juga untuk proses budidaya ikan mas tambah baik dilakukan pada air yang mengalir dikarenakan ikan mas membutuhkan sirkulasi air yang bagus


Demikianlah Cara Ternak Ikan Mas semoga dapat memberikan sedikit inpormasi untuk mengetahui cara ternak dan juga budidaya ikan mas bagi anda. cukup sekian dan terimakasih.

advertisement