Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi

Written by on ,
advertisement

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi - Cara Budidaya Ikan Mas Koi yang baik yaitu merupakan kita harus memperhatikan dalam hal teknik pemijahan yang meliputi kolam pemijahan dan juga indukan Mas Koi yang bagus serta dalam hal menyediakan pakan benih hingga sampai perawatan yang harus intensif. Cara Mudah Seleksi Induk Koi dengan kita Memilih Induk Mas koi yang sudah mapan dengan maksud induk jantan telah siap untuk membuahkan telur yang matang. cukup umur adalah dengan secara fisik mereka telah siap jadi induk yang produktif.

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi
Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi
Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi - Dalam Budidaya Ikan Mas Koi haruslah memiliki Fisik prima, tak cacat, sirip dan juga sisik kumplit. aktip, seimbang , tak loyo. Usia jantan minimal 2 tahun, betina minimal 3 tahun. Betina harus lebih besar dibanding dengan indukan jantan, perutnya tampak lebih besar dibanding punggung. Jantan sebaliknya lebih langsing dan memiliki perut rata seandainya di lihat dari punggung. Sirip induk jantan siap untuk di satukan dan akan muncul bintik-bintik putih.dan berikut merupakan Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi ini ringkasannya.

Seekor Induk Betina Berpasangan
Seekor induk betina berpasangan dengan perbandingan 2 atau 3 induk jantan. Ini untuk menjaga jika jantan lagi tak mut. dengan menyediakan stok jantan lebih dari satu, kegagalan pemijahan sanggup dihindari. tidak disarankan memanfaatkan induk yang paling bagus, lantaran keturunannya kebanyakan tidak baik. Anak keturunannya belum pasti sebagus induk. Memilih koi biasa saja, namun masih mempunyai sifat-sifat top, seperti warna pekat. Jikalau seleksi benih kelak dapat memilih mana yang paling baik.

Syarat Kolam Pemijahan Koi
Kolam pemijahan dibuat terpisah dengan kolam taman. Kolam pemijahan mesti memiliki pintu masuk dan juga pintu ke luar air tersendiri. Semua kolam mesti di plester hingga bisa dikeringkan. dan juga Luas kolam pemijahan bervariasi. untuk kolam sempit boleh seluas 3-6 m2 dengan kedalaman nol,5 m tempat kolam pass mendapat sinar matahari, dan juga tidak terlalu berisik, terlindung dari jangkauan anak-anak hingga samapi binatang peliharaan.

Kolam Penetasan Telur

Menyediakan juga kolam penetasan telur hingga sampai dengan perawatan benih. Kolam penetasan, bentuknya dapat persegi panjang atau bulat. Bila bulat diameter 1,5 hingga 2 meter. Tambah satu kolam lagi apabila ada, merupakan kolam untuk menumbuhkan pakan alami dapat juga untuk di gunakan  mensuplai pakan benih apabila kuning telurnya sudah habis. Kedalaman kolam kira kira 30 centi meter. Luas kolam antara 6-10 m2, pass memadai dan juga dinding pada kolam sanggup dilapis vinil merupakan bahan yang biasa du gunakan untuk membuat bak fiberglass. dengan lapisan vinil, kolam-kolam tersebut lebih terjamin kebersihannya dan juga resiko dari semen sanggup dihilangkan.

Persiapan Kolam Koi
Kolam dikeringkan di bawah terik matahari, pintu masuk dipasang saringan untuk bisa mencegah telur agar tidak hanyut. Kebanyakan koi dapat bertelur di bawah tanaman atau bahan apa saja yang mampu difungsikan untuk menempelkan telur. Oleh karena itu  sediakan penempel telur yang memadai agar telur koi sanggup selamat.Penempel telur dapat menggunakan kakaban, yang digunakan untuk memijah ikan mas. Kakaban dibuat dari ijuk yang dijepit dengan menggunakan bilah bambu dan juga dapat dipaku. Kakaban yang bagus dan layak pakai terbuat dari ijuk panjang dengan rata - rata panjang 120 cm lebar 40 cm. Jumlah kakaban dapat di sesuaikan dengan besar induk betina, 4-6 buah untuk setiap 1 kg induk betina. agar bisa mengapung kakaban disusun di atas sepotong bambu yang masih utuh. dan juga dii atas kakaban di berikan bilah bambu dan diikat agar kumpulan kakaban tak berserakan saat Ikan Mas Koi yang sepasang memijah. Sebelum dipasang, kakaban dibersihkan, dicuci, dan dibilas agar terbebas dari lumpur. dan juga Kakaban dipasang sesudah kolam diisi air. Air senantiasa mengalir ke kolam pemijahan agar dapat memikat pasangan koi agar bisa memijah. Terkecuali kakaban tempat penempel telur mampu memakai tanaman air seperti Hydrilla disusun atau potongan tali rafia yang merupakan pengganti ijuk.

Pengerjaan Pemijahan Ikan Mas Koi
Induk dimasukkan kira kira pukul 16.00 dan dapat mulai memijah tengah tengah malam. Induk betina dapat berenang mengelilingi kolam dan dengan diikuti induk jantan di belakang. Semakin lama aktivitas mereka semakin seru. Induk jantan menempelkan badannya saat mengikuti induk betina. pada puncaknya, induk betina dapat mengeluarkan telur dengan sesekali meloncat ke hawa. Aktifitas betina ini cepat diikuti oleh Koi Jantan jantan.

Ada 2 Cara Untuk Memisahkan Induk Mas Koi Dari Telur Yang Dihasilkan. 
1. Memindahkan induk dari kolam pemijahan dan juga konsisten membiarkan telur menetas di kolam tersebut.  
2 . Dengan memindah telur ke kolam penetasan. 


Untuk mencegah supaya telur tidak terserang jamur, telur-telur direndam dalam larutan Malachyt green dengan fokus 1/300.000 tatkala 15 menit sebelum ditaruh di kolam penetasan.  pada saat dapat merendam telur-telur ini, sebaiknya kakaban di goyang-goyangkan pada air agar kotoran yang bisa jadi menutupi telur dapat terlepas demikianlah tentang Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koi semoga dapat bermanpaat untuk anda terimakasih atas kunjungannya.
advertisement