Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus

Written by on ,
advertisement

Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus - Ikan Gabus ini dikenal dengan rasa dagingnya yang lezat dan juga bisa anda dapatkan dan temukan di pasar hingga sampai juga pelelangan ikan. Ikan Gabus juga merupakan salah satu spesies jenis ikan original Indonesia yang habitat aslinya di rawa-rawa waduk dan juga sungai. serta jumlah produksi ikan gabus pada saat sekarang ini di Indonesia masih rendah, maka perlu Tips untuk mengembangbiakan Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus tersebut dan sampai saat ini jumlah pemasok paling besar Ikan gabus berasal dari Kalimantan. Ikan ini mempunyai keunggulan dalam pembibitan, kita cuma butuh melaksanakan pemijahan dengan Cara alami untuk proses pemijahanitu sendiri.

Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus
Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus
Cara Pemijahan untuk Ikan Gabus itu sendiri umumnya dilakukan  pada saat periode penghujan kurang lebih pada bulan Oktober sampai dengan Nopember. Bahkan ada sekian banyak ahli gizi menyampaikan Ikan Gabus mempunyai kandungan asam amino yang sangat kumplit, baik esensial maupun non-esensial. Tidak Cuma itu Ikan Gabus juga mengandung Allisin, sulfida alil hingga furostanol Glicosida. Di daerah yang mempunyai aliran sungai yang lumayan cukup besar seperti Kalimantan dan juga Sumatera, Ikan Gabus tidak jarang pindah karena banjir hingga terbawa arus banjir sampai ke parit di sekitar lingkungan rumah, atau bahkan masuk ke dalam kolam ikan peliharaan hingga mengakibatkan menjadi predator ikan peliharaan. Bila pada selokan ataupun sawah yang mulai mengering, Ikan Gabus bisa mencoba untuk bergerak ke arah area lain dan juga bila terpaksa dirinya sanggup menguburlan diri di dalam lumpur hingga sawah terisi air kembali. jenis ikan ini mampu bertahan hidup pada lingkungan yang tidak ada airnya di karenakan Ikan Gabus bernafas akan menyerap kandungan oksigen bebas memakai sarana bantu pernapasan yang dinamakan dengan labirin". dan pada kesempatan kali ini akan memabahas Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus berikut ringkasannya.

Indukan Ikan Gabus Jantan Dan  Betina
Kamu bisa membedakan Jantan dan Betina dengan mudah. Bagaimanakah bentuk dan penampilan fisik Ikan Gabus.
- Kelamin jantan
Ditandai dengan bentuk pada kepala oval bersama dengan warna tubuh yang lumayan gelap, lubang di genital yang memerah dan seandainya Kamu urut dapat mengeluarkan cairan benih.

- Kelamin betina 
Mempunyai bentuk pada kepala agak bulat dengan warna badan yang lumayan jelas dan memiliki bentuk perut besar condong agak lembek seandainya disentuh, bila Kamu urut bakal mengeluarkan telur.
Proses Pemijahan Ikan Gabus
Anda butuh mempersiapkan dalam hal pemijahan Ikan Gabus merupakan fiberglass atau bak beton. Ukuran bak beton merupakan 7x4x2 m PxLxT selanjutnya kering selagi 3-4 hari. lalu isi bak beton dengan volume air sampai 50 cm dan biarkan air mengalir pada saat pemijahan berlangsung. anda mampu menutupi kolam dengan menggunakan tanaman eceng gondok untuk meringankan eksitasi pemijahan. Masukkan perbandingan antara jantan 30 indukan dan 30 betina ke dalam bak serta membiarkan proses pemijahan berlangsung. dan pada saat proses pemijahan berlangsung anda senantiasa mengontrol kolam setiap hari, Betina induk mampu membuahkan telur mencapai 10.000-11.000 butir telur

Proses Penetasan Telur
Proses penetasan dilakukan di akuarium utk membuatnya lebih enteng utk mengontrol keadaan telur. Siapkan akuarium ukuran 65x45x45 centimeter PxLxT, biarkan keadaan kering sewaktu 2 hri, setelah itu isikan air dgn ketinggian kurang lebih 40 senti meter. Dalam pasang 2 poin aerasi akuarium, proses penetasan telur, pasang pula pemanas hingga air mencapai suhu 28 °C Masukkan kepadatan telur ikan ± 4-6 butir per cm² & biarkan itu menetas. Dengan Cara umum, telur hingga menetas membutuhkan kala 24 jam. Selagi 2 hri sesudah larva ikan gabus menetas, Kamu tak butuh memberikan makanan lantaran mereka mempunyai cadangan makanan.

Pemeliharaan Larva Ikan Gabus
Ikan Gabus dalam musim pemeliharaan larva mulai sejak dari 2 hari sesudah telur menetas hingga umur 15 hari, anda mampu memanfaatkan akuarium yang diperlukan dalam proses penetasan telur dengan kepadatan 5 larva per 1 liter air. Ikan gabus larva berusia 2 hari tersebut mesti diberikan makanan seperti nauplii Artemia, yang akan diberikan 3 kali sehari. setiap larva ikan Gabus yang berusia 5 hari gabus dewasa di beri makanan penambahan daphnia 3x sehari. Dalam menjaga mutu air dilakukan perubahaan air yang bisa menghilangkan kotoran hingga sisa-sisa pakan dan setelah itu ditukar dengan cuma memanfaatkan kira kira 50% air. 

Tempat Kolam Dan Air Untuk Anak Ikan Gabus
Siapkan kolam dinding beton lantai tanah umumnya ukuran antara 2 M– 5 M      keringkan selama1 pekan, ratakan tanah dasarnya dan juga tebarkan tanah yang berasal dari kotoran hewan setebal seputar 30 cm selanjutnya teburkan pupuk kapur dolomid rata permukaan kolam yang telah di kasih kompos, biarkan tatkala 3 hari biar pupuk kapur tersebut larut dalam tanah oleh karena itu berfungsi agar saat kelak kolam tersebut di isi air dapat tumbuh makanan ikan alami seperti plankton, kutu air dan juga lumut, mengisi air setinggi 50 cm - 100 cm serta rendam tatkala 1 pekan air tak dialirkan


Tebar Benih Ikan Gabus

Penebaran benih Bibit Ikan Gabus dilakukan sesudah berusia 2 pekan di kolam yang sudah diisi air. Sebelum bibit dimasukan air kolam dibiarkan sewaktu 1 pekan dengan air tak dialirkan. Seterusnya sesudah itu tebarkan bibit pada saat pagi hari dan ingat jangan di beri pakan lalu. 2 hari baru di beri pakan 2 kg tepung pellet.

Pakan Anak Ikan Gabus

Beri pakan pelet dengan kandungan protein 15 %, lemak 15 % serta karbohidrat 10 %  dan juga cara untuk memberi makanan penambahan seperti ikan teri, anakan rayap, sisa daging ampas dapur. pula mampu untuk di gunakan sebagai pelet buatan bersama trik ikan teri 20 %, dedek 50 % ampas tahu 10 %  dan 10 % jagung. dengan cara merebus bahan terlebih dahulu dan kemudian setelah itu giling menjadi satu bahan-bahan tersebut lalu setelah itu jemur bahan tersebut sampai kering sampai pakan siap di berikan pada anak Ikan Gabus.
 
Masa Panen Ikan Gabus

Panen untuk Ikan Gabus dapat anda lakukan sesuai dengan kepentingan pasar hingga mampu dilakukan secara permanen dengan cara bertahap dalam satu kolam. tak seperti pada Jenis ikan yang lain yang penenya mesti di lakukan dengan cara serempak seperti contoh pada panen ikan emas, patin dan jenis ikan kategori lain. seandainya tak di panen dengan cara cepat sehingga bakal berjalan stres pada ikan yang akhirnya akan berujung pada kematian. lain halnya dengan jneis ikan gabus dikarenakan ikan ini mempunyai daya tahan tubuh yang menakjubkan di banding ikan yang lainya. 


Demikianlah Berbagai Tips Dan Cara Lengkap Membudidayakan Ikan Gabus semoga dapat bermanpaat untuk anda serta menambah wawasan untuk Cara Membudidayakan Ikan Gabus pada kesempatan kali ini cukup sekian dan saya udapkan terimakasih atas kunjungannya.

advertisement