Tips Perawatan Ikan Cupang Aduan

Written by on ,
advertisement
Tips Perawatan Ikan Cupang Aduan - Merawat ikan cupang hias siap untuk kejuaraan tidaklah sulit yang di manfaatkan hanyalah ketekunan serta ketelitian pemeliharaan ikan cupang tiap-tiap harinya contohnya permberian pakan yg rutin serta penggantian air akuarium yang rutin dan tak lupa pun melatih mental ikan cupang tersebut. 
 
Tips Perawatan Ikan Cupang Aduan
Tips Perawatan Ikan Cupang Aduan

Tidak jarang peternak menghabiskan waktunya kala dari pagi sampai tengah malam untuk mengontrol keadaan ikan cupang dan berikut adalah Tips Perawatan Ikan Cupang Aduan



1. Pakan Untuk Ikan Cupang.
Cupang hias di kasih pakan alami seperti kutu air. Permberian pakan 2x dalam sehari terhadap pada pukul 07.00 dan 17.00, memberi pakan yang secukupnya serta jangan Terlampau tidak sedikit pakan tak bagus khususnya pada kebersihan air di akuarium (dikhawatirkan bakal mengendap & membusuk di basic air)
Pemekaian takaran, seperti 1 sendok teh sanggup mengontrol jumlah pemberian pakan. Botol air mineral yang di kasih selang pula sanggup di fungsikan buat pemberian makanan cupang. Fasilitas itu tidak cuma murah serta gampang di operasikan. 

Kutu air di masukan ke botol dulu selanjutnya di semprotkan satu per satu ke dalam akuarium. Kutu air yang sudah di bekukan di dalam freezer pemberiannya pass bersama di cuil-cuil.
Jentik nyamuk bakal diberikan yang merupakan selingan tiap-tiap 2 hari sekali , juga dapat di berikan untuk makanan pokok. Toh ,ikan cupang yag berusia 1.5 bulan telah mampu makan makanan yang berukuran besar.

Ada kiat buat menyeleksi cuk. Jentik nyamuk yang di ambil dari selokan atau empang kebanyakan tetap bernoda serta bercampur dengan larva hewan lain. Masukkan cuk ke air es, dengan cara automatic mereka bakal teler, cuk bakal mengendap ke basic sedangkan Non-cuk dapat mengambang.Cuk di ambil bersama saringan halus lalu di masukan ke dalam air yang sudah di tetesi PK, dosis 1/2 tetes buat ember ukuran 15 liter, ini untuk “membangunkan” cuk, kemudian cuk di cuci bersama air bersih dan siap disajikan
Apabila cuk sulit di peroleh, cacing sutra ,cacing rambut, atau cacing darah pun sanggup di berikan , tapi penggunannya terkadang menciptakan cupang jadi kembung. Sebaiknya cacing di bersihkan berulang-ulang dengan air bersih sebelum selanjutnya siap untuk di sajikan.


2. Ganti Air.
Pengolahan air teramat mutlak biar cupang terus sehat. ganti air 50% sebaiknya di lakukan tiap-tiap hari,makin tidak jarang air di tukar pertumbuhan ikan cupang dapat makin langsung. Batas maksimal perubahaan air 3 hari. Caranya pass menyedot dengan selang plastik.

Seminggu sekali air ditukar keseluruhan. Botol atau akuarium di cuci bersih setelah itu di jemur biar kuman-kumannya mati. Trick lain buat membunh cendawan atau bakteri bersama merendam wadah itu bersama larutan PK dosis tinggi tatkala 1-2 jam. sesudah itu wadah di cuci dengan bersih selanjutnya di jemur.

Terlambat merubah air menyebabkan penyakit. sisa pakan serta kotoran cupang yang mengendap di basic air bakal menyebabkan penyakit contohnya : white spot , velvet, busung & berak putih 
Serangan white spot di tandai dengan bercak-bercak putih di sekujur badan ikan. Penyebabnya merupakan bakteri Ichtyophthirius multifillis. Obati secara memasukan ikan ke dalam air yang telah di tetesi bersama obat anti bakteri, seperti Bliz Id , dosis 4 tetes tiap-tiap 4 liter air.

Kiat sederhana dengan memasukan 1 sendok teh garam dapur ke dalam akuarium, atau ikan di masukan ke dalam baskom yang sudah di bubuhi garam dapur, Dosis 2-3 sendok makan tiap-tiap liter. Lantaran reaksi segera , perendaman ikan yang sakit tak butuh lama. Demikian di celup cepat di ambil.

Ciri serangan Velvet sirip ikan hias menguncup. Penyebabnya yaitu parasit Saproglenia sp. Trik pengobatan bersama berikan obat anti bakteri seperti Blitch itch, dosis 2 tetes per 4 liter air. Selanjutnya bubuhi 4 sendok makan garam. Ikan lalu di masukan ke dalam larutan itu selagi 10 menit, Seterusnya ikan di bawa ke 4 wadah lain bersama fokus obat semakin menyusut.

Trik lain dengan pemberian obat anti bakteri, seperti Fismate atau Root stop . Fokus nol.3-0.5 ml/menit. Ikan di biarkan selagi 30 menit, sesudah itu masukan ikan kedalam air yang sudah di bubuhi antibiotika,seperti Furazolidon, Tetracycline, serta Octazin sewaktu 2-3 jam. Dosis yang di anjurkan tiap-tiap tablet 250 g di larutkan kedalam 20 liter air.

- Penyakit busung susah di deteksi ciri-cirinya lantaran yang di serang organ dalam, kebanyakan cuma di tandai dengan perut ikan nampak membuncit. Penyebabnya bekteri Salmonella sp. Pengobatannya dengan merendam ikan swlama 1-2 jam ke dalam larutan Flagil 500.

- Berak putih disebabkan cacing Ascaris sp. Dirinya tak menyebabkan kematian, tapi pertumbuhan ikan serta warna ikan tertunda. Trik pengobatan dengan obat cacing, Seperti Verominox atau Worm x , dosis 1 tetes per 5 liter air. Sesudah perlakukan sewaktu 1 pekan ikan dapat pulih kembali.

- Penyakit lain tidak sedikit di sebabkan salah perawatan, seperti bacul hingga gigit ekor. Bacul di tandai bersama warna jadi pucat. keadaan ini terkecuali di sebabkan sebab air keruh pun sebab lantaran terlampau lama di tantang oleh ikan cupang hias lain yang ukurannya lebih besar. Sedangkan gigit ekor di tandai ikan tidak jarang menggigit ekor sendiri, ini di sebabkan ikan kurang pakan , tidak jarang di tantang , gatal di karenakan air tak di kuras (terlampaui keruh).

Walau tidak sedikit obat-obatan di toko ikan ,pencegahan jauh tambah baik daripada pengobatan. Perawatan dengan cara hati-hati hingga rutin, seperti pakan serta merubah air rutin dapat mencegah penyakit. Salah perawatan bisa menciptakan Ikan “jagoan” kalah sebelum bertanding.


3. Melatih Mental
Cupang unggulan di letakkan di ruangan terpisah pas type. Maskot usahakan tak di campur dengan warna basic atau warna kombinasi. Ukuran ikan di upayakan seragam. Aspek itu membiasakan cupang berjumpa sesama kategori. Tak jarang mental ikan cupang turun demikian menonton ikan cupang lain yang ukurannya lebih besar hingga tidak serupa warna

Cupang hias siap pertandingan butuh di rawat di rak sendiri. Pakan menjelang turnamen bervariasi , lain hobiis lain caranya. Yang umum di pakai seperti perawatan biasa., tetapi ada yang berikan 1-2 kroto per ekor cupang, Jumlah cuk juga di batasi, 5-7 ekor tiap-tiap sekali pemberian pakan. Blood worm tak di berikan untuk mencegah cupang kegemukan sehingga kelihatan kurang sehat hingga tak lincah.
Satu jam sesudah pemberian pakan , sekat di ambil satu per satu untuk melatih mental, apabila di anggap tempat kurang sinar matahari, cupang dapat di jemur tatkala 1,5 jam. Matahari pagi dan sore hari tambah baik lantaran tak terlampau panas. Sinar matahari yzng terlampau panas mampu menciptakan ikan cupang loyo
Akuarium yzng tak di batasi sekatnya di ubah-ubah posisinya,

 Contohnya : Akuarium a pindah ke akuarium b , dulu ke akuarium c. Buat sekedar Coba-coba, tak ada salahnya maskot di dekatkan bersama warna basic, atau yang lain. Cupang hias serta di latih berdekatan dengan yang berukuran lebih gede.


4. Trick Mengawinkan Ikan Cupang
 - Buat pembiakannya/mengawinkan ikan cupang, pilihlah ikan yang ekornya lebar serta siripnya tebal ,wujud ekor 180 derajat,tubuh besar dan ekor memanjang.
 - Pilihlah ikan yang terbiasa main-main di tengah atau basic air (bukan di permukaan air).
- Kombinasi warna cupang yang baik yakni yang di ekor bersama sirip sempurna tak berantakan.
- Untuk area pemijahan,cupang tak butuh area luas. Lumayan akuarium kecil, baskom, toples,atau ember plastik. Sebelum di perlukan pemijahan, akuarium di rendam dengan larutan PK encer sebelum hasilnya di bilas dengan air bersih, buat mencegah jamur dan penyakit. dinding di gosok dan dibilas air. Air sebaiknya di endapkan dan di diamkan 3 hari sebelum di gunakan.
 -  Suhu yang di butuhkan 21-31 derajat C, atau standarnya 25 derajat C. Dalam akuarium di taruh tanaman yang sudah di bersihkan. Dapat berupa enceng gondok atau kayu apu.
- Sesudah ruang pemijahan selesai, masukan apalagi dulu cupang jantan, tunggu hingga cupang jantan menciptakan sarang-sarang busa, bila busa telah kelihatan di permukaan air, masukan betina yang telah matang kelamin. Selang 3-4 hari perkawinan selesai, dan betina membuahkan 200-400 telur yang telah di buahi pejantan.
- Angkat betina bila telah selesai bertelur, biarkan jantan di pemijahan. betina di pisah supaya tak memakan telurnya sendiri, sementara si jantan di biarkan di tinggal, sebab amat menopang proses penetasan, usahakan si jantan di kasih makanan yang lumayan supaya tak memakan telurnya dan demikian menetas ,pisahkan pejantan
- Terhadap umur 2-3 hari, benih tak butuh di kasih makan sebab dalam tubuhnya tetap terdapat kuning telur. Barulah terhadap hari ke-4, di kasih makan infusaria atau sejenis plankton yang dapat di beli di toko ikan hias. Kepada hari ke-8, burayak dapat di kasih makan kutu air. Mengijak umur 1 bulan, anakan cupang mesti di pisahkan sendiri-sendiri dalam botol (sanggup botol aqua) untuk pembesaran.
 

Cukup sekian tentang Tips Perawatan Ikan Cupang Aduan semoga dapat bermanpaat untuk anda terimakasih.



advertisement