Tips Cara Membudidayakan Ikan Guppy

Written by on ,
advertisement

Tips Cara Membudidayakan Ikan Guppy - Seperti halnya dengan ikan cupang, ikan guppy yang tidak sedikit di minati serta harganya lebih mahal ikan jantannya, lantaran mempunyai warna serta sirip yang panjang dan bervariasi. Perbedaan harga antara ikan guppy jantan dan betina tersebut menuntut adanya pebisnis ikan hias guppy buat membuahkan ikan guppy yang jantan supaya mendapat keuntungan yang lebih.

Tips Cara Membudidayakan Ikan Guppy
Tips Cara Membudidayakan Ikan Guppy
Di peroleh sesudah ikan berusia 4 bulan. Buat menyetarakan perkawinan musim pemeliharaan induk di lakukan di wadah terpisah. Makanan yang di berikan berupa larva Chironomus (chu merah) serta Daphnia (kutu air), yang di berikan dua kali sehari. Perubahaan air di lakukan 2-3 hari sekali sejumlah 20-30% volume wadah pemeliharaan.

Berpasangan
Ikan guppy di kawinkan baik dengan cara berpasangan ataupun dengan cara massal bersama perbandingan antara induk jantan dan betina 1 : 1. sebab perkawinan ikan guppy dengan cara massal belum pasti berlangsung seluruh terhadap hari pertama sesudah di campurkan, sehingga kebanyakan lama pencampuran 4-7 hari. pada biasanya tatkala kala tersebut ikan guppy telah kawin maka ikan betina mampu di pisahkan dari induk jantannya supaya tak terganggu oleh induk jantan. Induk betina yang telah kawin tersebut di pelihara di wadah akquarium atau di bak yang di kasih aerasi.

induk betina yang hamil
Sesudah dua pekan dari saat pemisahan induk, telah bakal di dapati induk betina yang hamil secara menonton adanya daerah gelap terhadap sektor belakang sirip serta perutnya sedikit membengkak. Induk ikan yang tak hamil di ambil lalu di masukkan kedalam wadah pemeliharaan induk, sementara induk yang hamil di biarkan di satukan ke wadah yang lain.

Anak ikan gupi
Jumlah anak guppy dari tiap - tiap kelahiran berkisar antara 50-200 ekor dengan perbandingan type kelamin seputar 1 : 1. Anak ikan gupi yang lahir di pisah dari induk biar tak berjalan persaingan dalam mendapati makanan. di luar itu, supaya induk tersebut meraih makanan yang pass maka kehamilan keduanya sanggup membuahkan anak dengan jumlah yang maksimal. Anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan. Sesudah berusia satu hari, anak ikan di kasih makan naupli Artemia atau kutu air yang kecil. Pemeliharaan anak ikan gupi sebaiknya di ruang yang sanggup terkena sinar matahari supaya warnanya cemerlang. Wadah pemeliharaan anak ikan mampu berupa bak beton atau bak plastik yang lumayan luas yang di lengkapi dengan system aerasi. Perubahaan air di lakukan tiap - tiap dua hari sekali jumlahnya 20-30% volume wadah pemeliharaan.

Jantan
Betina
Seleksi kategori kelamin mampu di sesudah anak ikan guppy berusia satu bulan secara menonton ciri kelamin sekundernya seperti sirip ekor lebih panjang, warna lebih bagus serta sirip anak yang runcing. Sebagian besar anak ikan betina yang di hasilkan mampu di pasarkan sisanya mampu di pelihara lebih lanjut buat di jadikan calon induk.

Teknik yang dapat di manfaatkan buat membuahkan seluruh ikan guppy jantan yaitu bersama mengarahkan di ferensiasi kelaminnya memanfaatkan hormon jantan (androgen) seperti 17a-methyltestosteron. Sebab ikan guppy ini melahirkan anak dengan di ferensiasi kelaminnya berlangsung pada di waktu masihlah di dalam perut induknya, sehingga pemberian hormon yang di lakukan pada di waktu induk hamil. Dosis hormon yang di berikan merupakan 2 mg/l air perendaman dengan lama perendaman 24 jam. Kiat pelaksanaan larutan hormon sama seperti pengerjaan larutan hormon terhadap ikan cupang, yakni hormon di larutkan lebih-lebih dulu dengan alkohol 70% lalu kemudian di campurkan bersama air yang bakal di fungsikan merendam. Terhadap tiap-tiap satu liter air yang telah di kasih hormon bisa merendam 3 ekor induk yang telah hamil, baik hamil mula-mula ataupun kepada hamil ke-2. Perendaman kepada waktu hamil pertama di lakukan sesudah 14 hari dari saat pemisahan antara induk jantan serta betina, sedangkan perendaman hamil ke-2 di lakukan sesudah 14 hari dari di waktu melahirkan pertama. Tatkala aktivitas perendaman, kedalam air perendaman ikan terus di kasih aerasi. Jumlah anak yang di hasilkan dari perlakuan tak berlainan atau sama dengan ikan yang tak di kasih hormon serta anak yang di hasilkan bisa seluruh jantan (100%).



Demikianlah tentang Tips Cara Membudidayakan Ikan Guppy semoga dapat bermanpaat untuk anda. sekian dan terimakasih.


advertisement