Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar

Written by on ,
advertisement


Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar - Ikan hias air tawar lebih enteng di budidayakan di banding ikan laut. Teknologinya sederhana serta biayanya yng murah. Maka tidak sedikit di lakukan dalam skala business rumahan. Tidak Sama bersama ikan hias air laut yang memerlukan alat.
Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar
Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar
Ikan hias air tawar original Indonesia yang jadi primadona merupakan ikan arwana dan cupang. Sedangkan ikan asal negeri lain yang sanggup di domestikasi dan pas populer di budidayakan di Indonesia antara lain koki, koi, discus serta guppy Type paling terkenal. Tak seluruh ikan hias di budidayakan dengan cara masif, ini terkait dengan harga pasar serta tingkat kesulitannya. Berikut ini sekian banyak Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar yang banyak budidayakan serta di perdagangkan dengan cara meluas di Indonesia :



1. Ikan koi.

Ikan koi
Ikan koi atau Cyprinus carpio L pertamakali di populerkan di Jepang. Kurang Lebih tahun 1820-an para penangar ikan negara sakura sukses menyilangkan sekian banyak strain ikan mas jadi ikan dengan warna merah hingga putih yang menarik. Ikan hasil persilangan ini di kenal dengan nama koi. Selanjutnya tahun-tahun berikutnya berkembang ikan koi dengan bermacam varian warna menarik yang lain.

Ikan koi yaitu ikan hias air tawar yang serasi di pelihara di kolam bukan akuarium. Sebab daya tarik ikan koi terdapat terhadap warna-warni yang indah kalau di liat dari atas. di luar itu ikan koi pula memerlukan area gerak yang cukup luas. Type ikan hias air tawar ini pass enteng di kembangbiakan, tapi susah meraih koi bermutu.

2. Ikan cupang.

Ikan cupang
Ikan cupang atau Betta sp. yakni salah satu kategori ikan air tawar endemik negara-negara di Asia Tenggara. Ikan ini berkembang baik di rawa-rawa daerah tropis. Ikan cupang bisa hidup dalam volume air yang sedikit serta minim oksigen. Cupang akan di pelihara dalam toples mungil dan tak butuh mesin penghasil gelembung (aerotor).

Ikan cupang di pelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan. Tidak Cuma warna sisik dan siripnya yang berkilauan, ikan ini memiliki sifat agresif. Cupang dapat merobek-robek sesamanya dalam pertempuran yang berjalan berjam-jam lamanya. Ikan cupang mudah sekali di budidayakan. Tak memerlukan media mahal dan mampu di lakukan dalam skala rumahan

3. Ikan arwana.

Ikan arwana
Nama latin ikan hias air tawar ini yakni Scleropages sp. Arwana yaitu salah satu ikan endemik Indonesia. Ikan ini tidak sedikit di temukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Dulu ikan arwana di dapat dari perburuan di alam bebas. Tapi sekarang telah dapat di budidayakan. Ikan arwana ialah salah satu ikan hias air tawar yang bernilai tinggi. Harga per ekornya mencapai jutaan rp, terutama untuk jenis-jenis tertentu. Sentra produksi ikan arwana ada di Kalimantan dan Sumatera.

4. Ikan koki.

Ikan koki
Ikan koki (Carrasius auratus) masihlah satu keluarga bersama ikan mas. Pertamakali di kenal sebagai ikan hias di Cina. Tapi yang mempopulerkan ikan koki yakni bangsa Jepang. Dari negara ini, ikan koki jadi makin variatif dengan bermacam warna serta wujudnya. Ikan koki telah lama masuk ke Indonesia serta di budidayakan meluas. Sentra produksi koki paling besar ada di Tulungagung, jatim. Kota ini memproduksi lebih dari 55 juta ekor ikan koki tiap-tiap tahunnya. Sebagian besar di tujukan buat pasar domestik, sebagian yang lain untuk ekspor.

5. Ikan guppy.

Ikan guppy
Ikan guppy (Poecilia reticulate) ialah ikan ori wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Ikan ini amat gampang beradaptasi maka penyebarannya mampu meluas. termasuk ke Indonesia seputar tahun 1920-an. Ketika ini guppy mampu di temukan dengan mudah di perairan air tawar di Indonesia. Ikan guppy yaitu type ikan hias air tawar yang enteng di budidayakan. Bereproduksi dengan cara internal dengan melahirkan anak. Guppy kawin bersama memasukan organ gondopodium yang berada terhadap sirip anal ke dalam organ telur betina.

Ikan betina memiliki kelebihan untuk menaruh sperma dalam tubuhnya. Sehingga mampu hamil sampai 3 kali dalam satu kali perkawinan. Jarak antar kehamilan berjalan 1-5 pekan. Seekor indukan betina bisa membuahkan seputar 30-100 dalam satu kali kelahiran.

6. Ikan louhan.

Ikan louhan
Ikan louhan termasuk juga dalam keluarga Cichild dan tak di temukan di alam bebas. Ikan hias air tawar ini ialah hasil persilangan dari bermacam type ikan Cichlid. Louhan mula-mula kali di kembangkan di Malaysia. Tidak Sedikit orang gemar ikan ini di karenakan warna sisik serta benjolan di kepalanya. Tidak Cuma di Malaysia, ikan ini di kembangkan pun di Taiwan. Sekarang ikan louhan tersebar ke bermacam negeri. Iklan louhan memiliki sifat agresif dan seandainya lepas ke perairan umum sanggup jadi predator bagi ikan yang lain. Tidak Sedikit kritik yang di alamatkan kepada ikan ini, di antaranya di anggap merusak strain-strain ikan Cichlid.

7. Ikan discus.

Ikan discus
Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan Amazon. Dinamakan discus dikarenakan wujudnya seperti piringan (diskon) dengan warna-warni yang atraktif. Pembawaan ikan hias air tawar ini teramat kalem serta gerakannya lembut, maka di namakan raja akuarium. Ikan yang paling gede mampu mencapai diameter 15 centi meter. Discus serasi di kembangbiakan di iklim tropis dengan suhu air 25-30oC. Untuk pemeliharaan dalam akuarium mesti sedikit telaten sebab ikan discus gampang stress.


Demikianlah Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini . cukup sekian dan terimakasih atas kunjungannya.


advertisement