Cara Jitu Untuk Perawatan Kelinci Hias

Written by on ,
advertisement

Cara Jitu Untuk Perawatan Kelinci Hias - Kini para peminat kelinci hias mengalami peningkatan. Mulai Sejak dari anak anak, remaja, bahkan orang dewasa tidak sedikit yang suka binatang lucu ini. Mereka tidak sedikit pilih kelinci sebagai hewan kesayangan, bermacam macam pertimbangan menjadikannya untuk sekedar merupakan binatang peliharaan yang lucu, tak perlu ruang yang luas, bersahabat, tidak sedikit tipe warna warna menarik.untuk menjaga supaya kelinci kita agar sehat butuh dilakukan perawatan. 
 
Cara Jitu Untuk Perawatan Kelinci Hias
Cara Jitu Untuk Perawatan Kelinci Hias

Perawatan kesehatan kelinci meliputi perawatan kesehatan fisik(perawatan bulu, perawatan tubuh, perawatan kuku), serta perawatan kesehatan lingkungan(perawatan kandang & serta kebersihan kandang).berikut adalah Cara Jitu Untuk Perawatan Kelinci Hias




1. Perawatan kesehatan fisik kelinci:
- Perawatan bulu
Dengan cara garis besar di pandang dari kategori bulu kelinci hias bisa di bedakan jadi kelinci berbulu pendek serta kelinci berbulu panjang. Perawatan kelinci bulu pendek lebih gampang dari pada perawatan kelinci berbulu panjang. Trick perawatan bulu kelinci bulu pendek pass di lakukan seminggu satu kali bersama trick memandikan bersama sampo khusus selanjutnya di keringkan bersama handuk atau di jemur. Sebaiknya di lakukan terhadap pagi hari.

Sedangkan kelinci berbulu panjang membutuhkan ketelatenan yang lebih. pada kelinci bulu panjang minimal seminggu di mandikan dua kali seterusnya di keringkan dengan handuk supaya tak masuk angin. Terkecuali itu kelinci bulu panjang serta mesti tidak jarang di sisir supaya rambut tak gembel dan agar tampak indah. di luar itu menyisir rambut kelinci bulu panjang pun bertujuan biar kelinci tak mengalami hairball (sumbatan bola rambut terhadap saluran pencernaan).

 - Perawatan tubuh
Supaya tubuh sehat serta tumbuh besar kelinci mesti di kasih pakan yang lumayan. berikan makan kelinci sehari minimal dua kali. Pagi hari serta tengah malam hari. Pemberian terhadap tengah malam hari sebanyak lebih tidak sedikit kepada tengah malam hari kelinci lebih tidak beraktifitas.

Usahakan janganlah memberi pakan hijauan segar sebab bisa menyebabkan diare. Sebaiknya pakan di layukan sebelum di berikan supaya kandungan airnya menyusut. juga dapat di selingi dengan konsentrat.

- Perawatan kuku
Kuku kelinci hias sebaiknya senantiasa di periksa janganlah sampai terlampau panjang, Kalau terlampau panjang di potong namun mesti hati hati. di luar itu memeriksa sela sela kuku jikalau ada luka atau pun keropeng supaya tak jadi penyakit kulit.


2. Perawatan kesehatan lingkunga:
- Perawatan kandang
Supaya kelinci aman dari ancaman pemangsa (kucing, anjing dll ) sehingga kandang mesti senantiasa di rawat. janganlah ada lubang yang bisa menyebabkan pemangsa mampu masuk.

- Kebersihan kandang
Biar kelinci terbebas dari bermacam macam macam penyakit sehingga kebersihan kandang dan sanitasi mesti konsisten terjaga. Jangan hingga kandang bernoda dengan sisa makanan yang telah berhari hari, air urin pula mesti dapat tuntas mengalir.


3. Perawatan penambahan juga mampu di lakukan di antaranya :
- Terhadap kelinci yang hamil di pisahkan dari pejantan maupun kelinci lain.
- Terhadap kandang kelinci yang hamil di beri kotak berukuran 25cm x 20cm x 15cm.
- Terhadap kelinci sakit di tempatkan terhadap kandang tersendiri menghindari penularan.
- Sebelum 2 bulan sebaiknya kelinci jangan sampai di sapih
Pada kelinci yang baru di sapih sebaiknya di beri minum manis untuk penambahan energi



Bersama jalankan perawatan yang baik sehingga kesehatan hewan peliharaan kita bakal terjamin.demikianlah tentang Cara Jitu Untuk Perawatan Kelinci Hias semoga dapat membantu anda sekian dan terimakasih.
advertisement