Burung Raja Udang

Written by on ,
advertisement
Burung Raja Udang - atau Cekakak atau Tengkek atau nama Inggrisnya ialah Kingfisher, tepat namanya burung ini memakan ikan di sungai, di tepi pantai di sekitar hutan mangrove dan di tepi sungai dan kolam ikan tidak cuma memakan ikan burung ini pun memakan siput-siput mungil seperti kepiting mungil dll. burung ini family dari Alcedinidae yang terbagi jadi 3 sub family ialah Alcedo, Halycon and Ceyx , menyebar merata di seluruh belahan dunia.

Burung Raja Udang
Burung Raja Udang

Burung Raja Udang

 Burung ini bersarang di tanah bersama menciptakan lobang, masing-masing sub family mempunyai ukuran badan yang tidak serupa yang paling kecil yaitu berukuran 13cm hingga 15cm berasal dari sub family Ceyx and Alcedo, sedangkan yang dari sub family Halycon rata rata memiliki ukuran yang gede, lebih kurang 20cm++.

Bersarang di tanah
Burung Raja Udang ini bisa kita temui di tepi-tepi sungai senantiasa bersuara ribut serak seperti "kek kek kek, craaak craaak kira-kira seperti itu suaranya.
walau tidak serupa ukuran namun ada satu kesamaan di family Alcedinidae ini, adalah, burung ini memiliki paruh panjang & kuat, juga penampilannya serupa badut or clown .


advertisement