Bermacam Jenis Ikan Cupang

Written by on ,
advertisement

Bermacam Jenis Ikan Cupang - Ikan cupang (Betta sp.) di kenal juga sebagai ikan petarung, agresif dan senang menyerang. Sekian Banyak tipe ikan cupang mempunyai warna tubuh yang menarik serta bentuk siripnya indah, gerakannya santai serta berwibawa. Ikan cupang di pelihara yang merupakan ikan hias dan bisa juga sebagai ikan aduan.

Bermacam Jenis Ikan Cupang
Bermacam Jenis Ikan Cupang
Habitat original ikan cupang menyebar di wilayah Asia Tenggara, meliputi Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Brunei & Indonesia. Ikan ini tidak sedikit ditemukan di rawa-rawa, danau, lubuk, sawah hinga selokan yang menggenang.

Umumnya pehobi mengenal type ikan cupang bersama bermacam sebutan nama indah, seperti bulan sepotong (halfmoon), serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail) hingga yang beragam variasi silangannya. Nama-nama tersebut di tentukan dari bentuknya,

Contohnya : halfmoon mempunyai sirip yang menempa setengah lingkaran serit mempunyai sirip yang bergerigi runcing seperti sisir.

Tetapi tahukah anda jenis-jenis tersebut sebenarnya cuma sebagian kecil dari hasil silangan ikan cupang yang ada di alam.

Klasifikasi ilmiah ikan cupang.
Dalam klasifikasi ilmiah ikan cupang termasuk juga dalam keluarga Osphronemidae, sampai kini sudah ketahuan 73 spesies ikan cupang yang terdapat di alam. Spesies-spesies tersebut di kelompokkan ke dalam kompleks.

Rata-rata ikan cupang yang di pasarkan di pasaran berasal dari grup splendens complex. Type yang paling ternama yakni Betta splendens atau tidak jarang pula di namakan juga sebagai Siamese fighting fish alias ikan petarung dari Siam. Sekian Banyak silangan dari Betta splendens membuahkan jenis-jenis ikan cupang yang menarik.

Tipe Ikan Cupang Ternama.
Seperti telah di singgung pada awal mulanya, para breeder & pehobi mengelompokkan type ikan cupang berdasarkan tampilan wujud hinga warnanya. Tiap-tiap hasil silangan yang memiliki wujud serta karakter yang khas, bakal di berikan nama tersendiri.
Bermacam Jenis Ikan Cupang yang paling ternama ialah juga sebagai berikut.



1. Halfmoon (bulan sepotong)

Halfmoon
Seperti namanya, kategori ikan cupang halfmoon mempunyai sirip serta ekor yang seolah menyatu menempa setengah lingkaran. Apabila di liat dari samping, sirip ikan halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah. Ikan cupang halfmoon di pelihara di karenakan keindahannya. Tipe ini memiliki varian warna yang bermacam mulai sejak dari merah menyala, kuning, serta varian warna yang lain.

2. Crown tail (serit)
Crown tail
Indonesia bisa jadi mampu sedikit berbangga, sebab ikan cupang serit di lahirkan oleh para breeder dari daerah Slipi, Jakarta. Cupang serit jadi mendunia di karenakan variasi keindahannya. Di sebut crown tail atau ekor mahkota, sebab jikalau di balik menghadap ke atas serit-serit terhadap ekornya nampak seperti mahkota raja.

Type ikan cupang serit mempunyai tidak sedikit varian. Ada yang seritnya tunggal di mana dalam tiap - tiap serit cuma terdapat satu tulang sirip. Ada pula yang berserit dua atau serit ganda. Keindahan ikan cupang serit telah di percaya dunia dan hingga di pertandingkan di International.

3. Plakat (petarung)  
Plakat
Plakat berasal dari istilah di Thailand yang artinya sekitar tarung atau laga. Pas bersama namanya, type ikan cupang ini biasa di perlukan juga sebagai cupang aduan. Thailand memanglah mempunyai kebiasaan adu cupang yang telah melegenda.

Sirip dan ekor cupang plakat rata-rata pendek tak menjumbai seperti serit jenis halfmoon. Sebab pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Aktivitas ikan cupang plakat tak terlampau anggun namun tampak lebih sangar.

4. Dauble tail (cagak)

Dauble tail

Di namakan double tail sebab sektor ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Type ikan cupang double tail tergolong susah dikembangkan. Oleh lantaran itu keberadaannya tetap jarang dijumpai di pasaran.

5. Giant (raksasa)

Giant
Ikan cupang raksasa ini sukses di kembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari kategori ikan cupang yang lain. Cupang raksasa ini di kembangkan dari cupang plakat, yang di silangkan bersama cupang yang lain. sekarang, beragam terdapat bermacam kategori ikan cupang raksasa, di antaranya halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant.
Cupang hias vs cupang adu



Sebenarnya tidak ada aturan terang yang membedakan cupang hias dan cupang adu. Seluruhnya splendens complex berkarakter agresif serta mampu di adu. Menjadi amat sangat tergantung terhadap pemiliknya, di karenakan cupang hias sebenarnya dapat jadi petarung yang tangguh serta cupang adu ada yang cantik buat di lihat. Demikianlah tentang Bermacam Jenis Ikan Cupang  semoga dapat memberi wawasan untuk anda sekian dan terimakasih.


advertisement