6 Trik Cara Ampuh Untuk Mengobati Dan Merawat Burung Yang Sakit

Written by on ,
advertisement

6 Trik Cara Ampuh Untuk Mengobati Dan Merawat Burung Yang Sakit - Mencegah burung supaya tidak sakit, jauh lebih baik daripada mengobati burung yang sakit. Hobi burung yang menyenangkan kadang ketika menciptakan penghobi burung menjadi stres kalau burung kesayangannya sakit, terlebih hasilnya berujung pada kematian (mati).

6 Trik Cara Ampuh Untuk Mengobati Dan Merawat Burung Yang Sakit
6 Trik Cara Ampuh Untuk Mengobati Dan Merawat Burung Yang Sakit


Sekian Banyak tanda & gejala burung sakit:
1. Nafsu makan burung menurun.
2. Burung tidak sedikit minum.
3. Burung senantiasa ngantuk, mata burung sayu.
4. Kotoran burung cair.
5. Bulu burung kusam, kusut & mengembang.
6. Sayap burung terkulai.
7. Burung gemetar & berdiri tak seimbang.
8. Nafas burung tak rutin, paruh tidak jarang terbuka seperti kepanasan.
9. Gerak burung tak lincah & burung tidak sedikit diam.
10. Bulu kepala burung jingrak.
11. Tidak Sedikit kotoran yg menempel di bulu di sekitar kloaka burung.

Masih banyak type penyakit yang tidak jarang menyerang burung, seperti snot, pilek, nada serak, sesak nafas, berak kapur, berak hijau, mencret, luka, infeksi luka, burung lesu, burung kurus, mengantuk, tak nafsu makan, nafsu makan menurun, lumpuh, gejala seperti sakit ayan atau tetelo serta penyakit yang lain yang di sebabkan oleh bakteri gr positip (+) & bakteri gr negatif (-).Berikut adalah 6 Trik Cara Ampuh Untuk Mengobati Dan Merawat Burung Yang Sakit


Faktor Utama TERSEBUT Merupakan :
1. Senantiasa lihat kebersihan sangkar burung.
Sebaiknya, kandang burung (sangkar burung) di bersihkan dengan cara teratur tiap-tiap pagi. Alas sangkar/lantai kandang yang bernoda di sikat dan di cuci bersih dengan deterjen, setelah itu di jemur 15-30 menit di bawah terik matahari.

Keterangan :
Biar lebih baik serta aman, seluruh ornamen kandang burung/sangkar burung, di semprotkan disinfektan bersama dosis yang cocok. Disinfektan berfungsi membunuh bakteri, kuman penyakit, parasit, jamur, kutu serta virus (Virus flu burung/virus AI & yang lain) yang merugikan kesehatan burung.

2. Jemur burung minimal 15 menit secara Teratur Tiap-tiap pagi.
Ingin burung senantiasa sehat? Menjemur burung dengan cara teratur serta terus yaitu salah satu trick menciptakan burung supaya sehat. Burung wajib di jemur minimal 15 menit tiap-tiap pagi. Kala penjemuran burung paling baik sejak mulai jam 07.00-10.00, kehangatan pagi dan sinar UV dari penjemuran tersebut teramat menopang badan burung untuk mengekstrak Pro Vitamin D3 yang ada di tubuh burung jadi Vitamin D3.

Keterangan :
Sinar UV, Alpha, Gamma, Beta, Theta dan yang lain teramat di gunakan oleh tubuh burung untuk mencetak serta memproduksi hormon-hormon vital. Sample hormon vital tersebut antara lain yakni hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi.Di Samping juga sebagai keperluan basic biologis serta kepentingan fisik, penjemuran atau menjemur burung pun berdampak besar pada psikologis burung.

3. Memberi makanan serta nutrisi yang Serasi dan seimbang serta bermutu bagus..
Salah satu sumber penyakit pada seluruhnya makhluk hidup yakni makanan yang di konsumsi. Demikian serta dengan burung yang amat tergantung pada makanan yang senantiasa kita berikan. Di sini, kita benar-benar di tuntut mesti mengetahui dan paham mengenai fisiologis burung yang kita rawat serta yang kita pelihara.

Keterangan :
Memberi makanan bersama kandungan (komposisi) komplit yang telah teruji sesuai untuk burung. di sini bukan berarti burung menyukai dan melahap habis makanan yang kita berikan. Maksudnya merupakan sesuai bersama system metabolisme burung dan kandungan (komposisi) nutrisi dari makanan tersebut mesti memenuhi seluruh keperluan burung. Senantiasa jalankan evaluasi dan pengamatan dengan cara teratur tiap-tiap habis pemberian makanan terhadap burung serta Janganlah sempat bereksperimen bersama makanan burung kalau kamu belum paham fisiologi burung. Yang Merupakan sampel, system metabolisme burung pemakan serangga amat berlainan dengan system metabolisme burung pemakan buah.

4. Memberi suplemen vitamin dan mineral yang bermutu baik dengan cara teratur dan berkala.
Untuk apa pemberian suplemen Vitamin, Mineral serta Asam Amino untuk burung yang kita pelihara? Apakah kandungan makanan yang kita sejauh ini kita berikan belum lumayan buat memenuhi nutrisi yang di butuhkan burung?

Keterangan :
Pemberian suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial dan suplemen yang lain, wajib kita berikan ke burung, jikalau kita Tak Sanggup mencukupi kepentingan basic burung bakal buat nutrisi standarnya pas AKG (Angka Kecukupan Gizi) & RDA (Recommended Dietary Allowences) pada masing-masing burung. Memberi Vitamin, Mineral & Asam Amino yang telah di ramu serta di racik khusus buat burung. Memberikan dengan cara teratur serta terjadwal (berkala). Dosis atau takaran pemberiannya pun mesti sesuai. Senantiasa lihat tips penggunaannya. Di karenakan pemberian suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial dan suplemen yang lain, mesti pas dosis serta aturan yang jelas. Pemberian dengan dosis yang berlebih, bakal berdampak tidak baik bagi kesehatan burung. Suplemen (vitamin & mineral) teramat di butuhkan tubuh burung dalam periode pertumbuhan, penyembuhan sakit, periode burung mabung, bertelur, meningkatkan daya tahan tubuh di periode pancaroba Dll.

5. HINDARI BURUNG Jadi STRES.
Biasanya stres pada burung merupakan stres psikologis yang sanggup mengganggu seluruh system yang ada di tubuh burung. Tidak Sedikit aspek yang bakal menyebabkan burung menjadi stres, antara lain : penempatan burung yang menciptakan burung jadi merasa tak aman, ketenangan serta kenyamanan burung terganggu, situasi lingkungan burung Dll. Burung yang mengidap stres psikologis bakal sangat sulit jadi normal kembali.

6. BERI OBAT Yang Pas Cocok PENYAKIT BURUNG.
Bila burung telah terlanjur sakit atau terjangkit penyakit, jangan sampai gugup. Tempatkan burung yang sakit di tempat yang hangat serta hindari dari angin yang menerpa dengan secara langsung. Kenali dan diagnosa apa type penyakit burung tersebut, seperti sakit snot, pilek, nada burung serak, burung sesak nafas, berak kapur, berak hijau, mencret, luka, infeksi luka, burung lesu, burung kurus, mengantuk, burung tak nafsu makan, nafsu makan burung menurun, burung lumpuh, burung seperti sakit ayan atau sakit tetelo serta penyakit burung yang lain. Mendiagnosa gejala awal atau mengenali penyakit burung ini jadi teramat mutlak untuk memudahkan pemberian obat yang pas buat burung.

Keterangan :
Konsultasikan penyakit burung tersebut dengan orang yang memang paham mengenai penyakit burung, biar meraih rekomendasi obat burung yang pas dan serasi buat mengobati burung sakit tersebut.


Cepat obati burung bersama obat burung yang sesuai, unsur obat burung rata-rata berasal dari antibiotik. Pemakaian obat antibiotik mesti serasi, dosis yang benar, pemakaian antibiotik yang salah dapat berpotensi menyebabkan dampak resistan atau kebal di badan burung. jangan sempat bereksperimen dengan obat burung, jika tak paham menyangkut kandungan obat burung serta efeknya kepada burung. Demikianlah 6 Trik Cara Ampuh Untuk Mengobati Dan Merawat Burung Yang Sakit  semoga dapat membantu anda.

advertisement