Cara Ternak Burung Ciblek

Written by on ,
advertisement

Menernakan burung Ciblek emang susah - susah gampang akan tetapi pada kesempatan ini sayah akan memberika pengalaman kepada anda tentang bagaimana cara beternak burung ciblek supaya dapat di tangkarkan dan bertelur dengan baik, karena pada saat ini  burung ciblek populasinya sudah hampir punah kebanyakan para peternak mengakalinya supaya tidak cepat punah dengan cara di ternakan. burung  yang berpostur kecil mempunyai  panjang tubuh antara ekor sampai ujung paruhnya sekitar 12 cm. sebelum kita beternak alangkah baiknya kita mengenal dulu jantan dan betina burung ini. pada umumnya burung ciblek jantan berwarna  paruh hitam peka , pada bagian bawah tubuh putih dan pada bagian kepala sampai ekor ke abu - abuan hingga campur kuning dan bertotol hitam suaranya yang berpariasia ada totol hitam  pada ekornya sedangkan perbedaan betinanya dia berpostur badan agak kecil , pada paruhnya tidak berwarna hitam peka bunyinya yang monoton berulang  - ulang tidak mempunyai pariasi suara sebelum kita mengetahui Cara Beternak Ciblek alangkah baiknya kita lihat dulu artikel di bawah ini :

Merawat Ciblek Agar Cepat Ngebren




Yang harus kamu lakukan pertama -tama adalah :

1. Buat tangkaran minimal panjang 2 meter dan lebar 3 meter tambahkan tanaman bonsay kurang lebih seperti habitat aslinya  .
2. Pilih indukan dengan cara pilih yang sudah birahi jantan dan betina gendengkan tiap hari agar cepat berjodo kurang lebih 1 minggu jangam pilih indukan yang cacat  .
3. Untuk sarang burung berikan sabut injuk dan tempelkan acak ( secara di anyam sebarkan pada dinding kandang tangkaran  ram di atas).
4. Pada sarang tambahkan serabut rapia dan tempelkan di dinding kandang.
5. Sudah semua persiapan kandang  selesei masukan indukan ciblek yang sudah di jodokan kedalam kandang tangkaran.
6. Berikan menu harian jangkrik dan kroto .

Setelah semuanya sudah siap kita tinggal lihat hasilnya , tergantung kita caranya memilih bahan indukan yang baik, terutama lagi sarang burung ciblek harus lah dikasih seperti serabut tali rapia supaya cepat merangsang agar si burung bisa segera membuat sarang kalau sudah hampir mau bertelur cuma dengan cara memberi serabut tali rapia pancingan yang tepat untuk si burung ciblek  dapat membuat sarang , mungkin ituh sebagian Tips Cara Ternak Burung Ciblek yang dapat saya bagikan untuk anda sekedar pengalaman saya ajah . pada umumnya masing - masing orang berbeda - beda cukup  sekian dari saya terima kasih.

advertisement