Cara Beternak Kenari

Written by on ,
advertisement
Burung kenari salah satu burung yang banyak di gemari oleh pasaran lokal maupun di dunia . apalagi burung ini mempunyai harga yang amat terjangkau dan stabil di pasaran . sebab itu burung ini menjadi burung pilihan . banyak pemula yang mulai  tertarik dengan bisnis burung ini dengan membudidayakan dan  prospek kedepannya sangat bagus. burung ini mempunyai postur tubuh yang mungil dan mempunyai suara yang merdu, bagus , lembut dan tidak kasar. sehingga dapat menyejukan hati pemiliknya . burung ini pun bisa di lombakan dilihat dari even - even sudah banyak sekali yang menyertakan burung ini sebagai burung kontes.

1. Gambar Cara Membedakan Jenis Kelamin Pada Burung Kenari

 













Sebelum memulai berternak langkah pertama yang harus di perhatikan untuk pemula yaitu harus tahu dulu jantan dan betina burung kenari tersebut . untuk membedakanya adalah pada usia 1 bulan anakan burung kenari harus sudah di pisah terlihat kalau kenari jantan ia rajin ngeriwik,  ngerol berbunyi sedangkan yang betina pun sebaguan juga ada yang bersuara sama dengan yanga jantan akan tetapi bedanya kalau yang betina dia tida ngerol tapi suaranya putus - putus . bisa juga dilihat dari tubuhnya kalau jantan bentuk tubunya agak ramping sedangkan ekornya panjang dari si betina , kalau yang betina sebaliknya bentuk tubuhnya pendek bulat ekornya pun lebih pendek ,

2. Mengetahui Umur Burung Kenari


Penting juga agar mengetahui kapan waktunya anda siap mengawinkan burung kenari anda ataupun mengetahui kapan waktunya burung kenari anda untuk di jual . sebaiknya memilih burung Kenari jantan yang ingin anda kawinkan sekitar umur 1 tahun yang sudah mulai birahi , sedangkan yang betina anda pilih yang umurnya sekitar 8 bulanan sama yang sudah birahi. usia burung kenari anda adalah salah satu faktornya untuk proses pembudidayanya.


3. Memperhatikan Kondisi Kandangnya


Sebaiknya kondisi kandang harus selalu bersih karena sangat penting untuk di perhatikan soalnya mempengaruhi produksi, kualitas kenari yang bagus dan sehat , usahakan kandang kenari ditempatkan ditempat teduh dan jauh dari kebisingan agar aman dari ganguan semut dan serangga , supaya  burung pada saat mengerami telurnya tidak merasa terganggu.

Cara Menjodohkan Kenari


Pada proses ini emang agak sulit karena tidak semua kenari yang kita jodohkan akan berhasil. kita harus menjodohkan dahulu dengan cara;
Masukan Kenari jantan dan betina masing - masing sudah birahi , di sangkar yang berbeda dan kedua sangkar saling berdekatan lakukan proses tersebut setiap hari , sampai akhirnya kedua burung saling berdekatan dan kalau sudah begitu masukan burung kedalam sangkar untuk proses perkawinan taruh pula sarangnya , dan lihat bila burung betina sudah merapihkan sarang berarti si betina sudah siap untuk bertelur .
mungkin dari pengalaman sayah bisa menjadi inspirasi untuk anda supaya termotipasi untuk beternak burung kenari . karena cara beternak burung ini amat sangat mudah terutama harga burung kenaripun  sangatlah terjangkauw
Demikianlah pembahasan dari sayah mengenai Cara Beternak Kenari . saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel dari saya semoga bermanpaat untuk anda .







advertisement