Cara Beternak Kacer Yang Baik Dan Benar

Written by on ,
advertisement

Sekarang ini Burung Kacer banyak sekali penggemarnya , selain burung ini memiliki kicauan yang indah burung ini di akui sebagai burung petarung sehingga pada lomba - lomba burung sangat ramai di ikuti panggemar burung ini . dan pada saat ini para pencinta burung Kacer banyak yang menangkar kan yang kebetulan ingin menambah penghasilan selain ikut lomba . disini juga saya ingin berbagi pangalaman dengan anda Cara Beternak Kacer Yang Baik Dan Benarsebelum membahasnya alangkah baiknya kita membahasnya dulu tentang

TIps Cara Merawat Burung Kacer membedakan Jantan Dan Betina

Cara Beternak Kacer

1. Kandang penangkaran

Ini adalah salah satu yang harus di perhatikan di dalam pembuatan kandang ternak ukuran lebar minimal 1 meter , tinggi 2 meter , panjang 4 meter . untuk rangkanya bisa terbuat dari kayu dan bagian penutupanya bisa pake ram anti karat . kriteria idealnya ;
- tumbuh - tumbuhan .
- kolam untuk mandi bisa dengan cawan atau bak mandi terbuat dari semen.
- tempat pakan dan minum.
- tangkringan.
- kotak untuk tempat sarang.



2. Pemilihan Bibit Indukan Yang Bagus.

Kualitas indukan Burung kacer sangat mempengaruhi pada hasil anakannya apakah bagus dan jelek hasilnya akhirnya , oleh karena ituh indukan kacer sebaiknya dipilih terlebih dahulu yang memiliki mutu dan kualitas yang bagus . kurang lebih diantaranya ciri - cirinya sebagai berikut ;
- memilih indukan kacer haruslah yang mulus ( tidak cacat ).
- postur tubuh cukup besar yang penting panjang badannya .
- mata blo besar, gerakan agresip , serta sorot mata tajam.
- sudah mulai birahi .
- rajin berkicau lepas.

3. Masa Penjodohan (kawin ).

Masukan indukan kacer jantan kedalam kandang tangkaran dan masukan indukan kacer betina kedalam kandang harian lalu tempel terus kandang harian kedalam penangkaran bisa juga kandang harian di gantang didalam nya , paling lambat 1 minggu hingga kedua burung terlihat akur , hingga pada akhirnya sudah keduanya terlihat akur kurang lebih  dalam waktu 1 minggu boleh dilepas si betinanya kedalam penangkaran.

4. Masa Bertelur.

Sesudah kedua indukan digabungkan biasanya mereka mulai membuat sarang  kurang lebih jangka waktu 1 minggu , dan sesudah sarang penuh kurang lebih hampir 1 minggu lagi sibetina mulai bertelur biasanya paling rata -rata sebanyak 3 - 4 butir telur paling sedikit 1-2 butir , biasa pakan menu harian dikasih jangkrik pool tiap hari  .

5. Masa Pengeraman .

 
Masa pengeraman biasanya kurang lebih selama 14 hari, terhitung dari  sejak telur pertama keluar .












6. Masa Meloloh Anak Kacer.

 Pada masa ini cukup berikan kroto dan jangkrik biasanya pemberian pakan tiap pagi jam 08.00 wib dan siang jam 10.30 wib sedangkan sore jam 15.30 wib secukupnya sajah . setelah anakan keluar dari glodok sudah cukup umur bisanya para penangkar burung kacer slalu merawatnya dan memberi pakan  langsung , supaya indukannya cepat bertelur kembali .




Semoga  dengan ini membuka wawasan anda untuk sekedar  mengetahui bagaimana caranya supaya Burung kacer tidak cepat punah dan menggugah anda yang mau beternak Burung kacer supaya   segera menangkarkan burung Kacernya  atau sekedar iseng sajah beternak tapi menghasilkan uang cukup  untuk uang saku.

Biasanya orang sekedar iseng sajah tapi lama kelamaan menjadi peluang bisnis  yang cukup menggiurkan anda , kita ketahui  sampai sekarang harga dipasaran anakan atau bahan mencapai 1 ekor jantan trotolan berkisar Rp 300.000 sedangkan yang betina harganya sekitar 150.000 itu yang setandar harganya . semoga dengan pembahasaan kali ini cukup dimengerti oleh anda tentang   Cara Beternak Kacer. semoga dapat termotipasi  oleh anda terima kasih . 


advertisement