Cara Berternak Burung Love Bird

Written by on ,
advertisement

Cara Berternak Burung Love Bird

Burung Love Bird adalah burung yang sangat mudah di ternakan itu terbukti dengan banyaknya bahan anakan Love Bird di pasaran sekarang ini ,bagi anda yang mau membuka peluang usaha beternak burung ini dengan cara baik dan bagus yang ukuran burung nya tinggi 13 - 17 cm , dengan berat  40 - 60 gram , berekor pendek dan mempunyai paruh besar, melalui cara koloni.

1. Persiapkan tangkaran minimal Panjang 5 meter , Lebar 3 meter

Siapkan burung Love Bird sebanyak minimal 5 jodo , berikan kotak untuk bertelur ukuran 25x20x25 cm , bahan sarang dan juga  tenggeran .

2. Memilih Bibit ( Jantan Dan Betina )

 Akan tetapi kalau bisa dalam memilih indukan ini cobalah memilih indukan yang warnanya sama , soalnya agar dalam proses penjodoan burung Love Bird tida sulit . cara membedakan burung Love Bird jantan dan betina biasanya kalau jantan dia kalau birahi suka menggesek gesekan ekornya ke tangkringan dan yang betina sayapnya yang membuka ke atas. atau dari postur tubuhnya yang jantan aga kecil dan panjang sedangkan si betina berbadan agak besar dari jantan ukurannya yang pendek sebagai berikut ;













3. Pastikan Usia Produksinya. 

Burung Love Bird mulai berproduksi pada umur 8 bulanan . sedangkan yang benar - benar sudah siap adalah umur 1 tahun karena pada umur segituh Love Bird emang benar - benar siap dan kualitas anakan benar benar sudah bagus . 

4. Telur Dan Pengeraman. 

Dalam masa ini burung mulai kawin dan mulai memilih tempatnya masing - masing untuk bertelur . siapkan pula alas pengeraman diatas glodok seperti srabut kelapa atau ranting - ranting pohon dia akan mencari secara insting .
Atau cobalah menebarkan ranting - ranting itu gunakan bahan yang sudah  kering jangan yang basah , umumnya Love Bird bertelur sebanyak 4 - 6 butir , jangan heran kalau Love Bird tidak langsung mengeram , biasanya burung ini mengeram kalau sudah semuanya keluar .pada saat mengerami  sesekali burung ini akan keluar dari glodok untuk makan dan minum atau sekedar merentangkan sayap .

5. Penetasan Telur 

Telur - telur yang dierami akan menetas satu persatu perbedaannya satu hari selama 21-23 hari , sebaiknya peternak jangan turut campur dalam proses penetasan karena akan mengakibatkan anak Love Bird tidak akan  tumbuh normal maupun cacat .

Mungkin diatas sebagian kecil pengalaman dari sayah mungkin bisa membantu anda untuk mengetahui kurang kebih Cara Beternak Burung Love Bird . setiap orang berbeda - beda  pengalaman dan cara - caranya sendiri hingga akhirnya menemukan sendiri caranya masing - masing .semoga dengan penjelasannya bisa dapat di mengerti oleh anda semoga dapat bermotipasi dalam hal penangkaran Burung Love Bird yang hingga akhirnya sukses dalam bidang pembubidayaan  .






  





advertisement