Jenis - Jenis Burung Love Bird Serta Penyebarannya

Written by on ,
advertisement

Burung lovebird pada dasarnya bukan  burung asli indonesia. burung ini pada awalnya burung dari luar indonesia kurang lebih dari eropa tapi sekarang penyebaran nya sangat cepat karena ke indahan warna bulunya banyak orang yang memeliharanya.namun seiring perkembangan waktu dan trend lomba suara burung, maka lovebird di pelihara untuk memunculkan suara -suara yang khas burung lovebird yang panjang.
selain sebagai burung petarung lovebird juga populer sebagai burung pemaster burung lain.


Jenis - Jenis Lovebird Dan Penyebarannya:

1. Love bird kacamata / fischer (Agapornis fischeri )


Berat 42-58 gram , panjang 15 cm.

Burung love bird kacamata fischeri dewasa ; Bulu biasanya yang dominan  berwarna dasar  hijau, kekuningan pada tubuh bagian bawah ; dahi, pipi, dan kerongkongan berwarna merah oranye. bulu yang lain nya cenderung berwarna  hijau pudar. bagian atas dada dan kerah sekitar  leher berwarna kuning , bagian atas ekor berwarna biru muda , bagian bawah sayap berwarna biru dan hijau, ekor berwarna hijau, lingkar disekeliling mata berwarna putih, paruh berwarna merahiris berwarna coklat, kaki berwarna abu - abu muda, love bird ini termasuk burung yang mudah di kembang biakan akan tetapi jantan dan betina burung ini sulit di bedakan karena bentuk dan warna nya hampir mirip.

Burung love bird kacamata fischer muda ; Bulu cenderung berwarna lebih muda di bandingkan dengan bulu burung love bird yang lebih dewasa,terutama pada kepala, pangkal paruh bagian atas mempunyai bercak kecil yang berwarna hitam.

Penyebaran nya Love Bird Kacamat Fischeries; Tanzania
Warna dari hasil persilangan mutasi dari love bird kacamata fischer biru denga love bird kacamata fischer kuning  ini sering disebut dengan love bird Lutino dan Albino.


2. Love bird kacamata Dakocan ( Agapornis personata  )



Berat 43 - 47 gram, panjang 14.5 cm.

Burung love bird kacamata dakocan dewasa; Bulu umumnya berwarna hijau. pipi depan,dahi, ubun - ubun berwarna hitam kehitaman dan pudar., paruh berwarna oranye ke merah merahan,di sekeliling dada dan kerah berwarna kuning , bulu pada bagian ekor berwarna hijau , lingkar dibagian sekeliling mata putih , iris berwarna coklat , kaki berwarna abu -abu.

Burung Love bird kacamata dakocan muda ; biasanya bulu nya berwarna lebih muda di bandingkan bulu burung yang lebih dewasa, terutama pada bagian kepala, bulu sayap , kaki ,dada , ekor ,serta pada pangkal paruh bagian atas terdapat bercak kecil berwarna hitam.

Penyebaran nya Love Bird Dakocan ; Tanzania utara Dan Tengah
Love bird kacamata dakocan burung ini merupakan burung yang mudah di kembang biakan , antara burung Love Bird jantan dan betina sulit di bedakan karena warna nya yang sama.
Mutasi antara persilangan burung Love bird kacamata Dakocan  ini adalah burung Love bird berwarna biru atau di sebut juga burung Love Bird pastel Biru.

3.Burung Love Bird kacamata Lutino ( Agapornis lilianae )


Berat 28-37 gram. Panjang 13,5 cm.

Burung Love Bird kacamata Lutino Dewasa; bulu burung ini cenderung berwarna kekuning kuningan pada bagian bawah dan tunggir , dahi dan kepala cenderung berwarna kuning ke emasan , kerongkongan berwarna merah oranye , bulu ekor berwarna hijau , lingkar di sekeliling mata berwarna putih, paruh berwarna merah muda, iris mata berwarna merah tua, pada bagian kaki berwarna coklat keabu - abuan.

Burung Love Bird Kacamata Lutino Muda ; bulu pada pipi dan dahi berwarna merah muda , pada pangkal paruh atas terdapat bercak kecil berwarna hitam.

Penyebaran Love Bird Kacamata Lutino ; Tanzania , ZanZobar bagian utara , Malawi bagian Timur , dan Moambik bagian barat laut.
Burung kacamata Lutino dapat di kembang biakan secara berkelompok atau koloni , antara Burung Love Bird  jantan dan betina sulit di bedakan .


4. Burung Love Bird Kacamata Pipi Hitam ( Agarpornis Nigrigenis )


Berat 36 - 52 gram, Panjang 13,5 cm. 

Burung Love Bird Kacamata Pipih Hitam Dewasa ; Bulu umumnya berwarna biru tua , pada bagian dahi dan kepala umumnya berwarna hitam , leher berwarna putih , bagian dada bawah sampai ekor berwarna biru , pada bagian kakai cenderung berwarna coklat ke abu - abuan. pada bagian paruh berwarna pink muda , lingkar disekeliling mata berwarna putih,

 Burung Love Bird Kacamata Pipih Hitam Dewasa ; Bulu umumnya berwarna biru muda , pada bagian dahi dan kepala umumnya berwarna hitam muda , pada bagian pangkal paruh biasa nya berwarna pink lebih muda .

Penyebaran Love BIrd Kacamata Pipih Hitam ; Zambia bagian barat daya dan Zimbabwe bagian barat laut .
Burung Love Bird Kacamata Pipih Hitam , sekarang banyak dipasaran karena sangat mudah untuk dikembang biakan , buirung ini bisa dipelihara secara berkelompok atau di kolonikan


5. Burung Love Bird Kepala Abu - Abu / Love Bird Madagaskar ( Agapornis Cana )


Berat 25-28 gram , panjang 14 cm.

Burung Love Bird Madagaskar Jantan ; Bulu dibagian tubuh nya berwarna hijau , pada bagian tunggirnya berwarna kekuningan dan hijau terang pada bagian bawahnya, bagian kepala , dada hinga ke leher berwarna abu- abu , pada bagian bawah sayap berwarna hitam , bulu ekor berwarna hijau , paruh berwarna abu - abu muda , pada bagian iris mata berwarna coklat tua , dam bagian kaki berwarna abu- abu.

Burung Love Bird Madagaskar Betina  ; Pada bagian Bulu Kepala, Leher, di bawah sayap berwarna Hijau .

Burung Love Bird Madagaskar Muda ; Cenderung warna  bulu hampir sama dengan yang dewasa , tetapi bulu pada bagian tengkuknya jantan berwarna ke hijauan , ( jantan memepunuyai bulu kepala ,dada  hampir semuanya berwarna kehijauan ) pada paruh berwarna kuning dan pada pangkal  paruh pada bagian atas terdapat bercak hitam .

Anak Jenis ; ( A. c cana dan  A. c ablectanea )

Penyebaran Burung Love Bird Madagaskar ; Madagaskar
Burung Love Bird Madagaskar ini merupakan burung yag amat langka dan bukan jenis yang banyak di tangkarkan , jantan dan betina burung ini sangat mudah di bedakan , jantan pada  bulu kepala dan dada berwarna abu - abu pucat , sedangkan pada bulu betina hampir seluruh warnanya berwarna hijau muda .

Itulah sebagian  artikel  pengetahuan ilmu tentang jenis - jenis burung Love Bird tentunya masih banyak lagi jenis Love Bird di berbagai negara . tiap daerah atau negara masing - masing berbeda jenis warna , postur tubuh dan makanan nya  dan penyebaran nya tentu semua ituh hanyalah suatu pengalaman dari sayah agar bermanpaat untuk anda yang membaca artikel ini . cukup sekian  dari saya semoga menambah pengetahuan untuk anda  para kicau jack , sebelumnya kalau ada salah  salah kata saya  minta maap terima kasih .
advertisement