Cara Memulihkan Murey Batu Sters / Ngedrop

Written by on ,
advertisement
Pada dasarnya murey batu adalah burung asli indonesia yg memiliki postur tubuh yg besar ini memiliki sifat atau karakter sendiri, adapun murey batu  sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, dia tidak mudah stress apabila berpindah tempat juga dari  perubahan cuaca, burung ini juga seorang petarung yang sangat mudah naik darah jika dia mendengar suara burung murey batu lain yang sedang berkicauw maka dia akan cepat agresip/ merespon mencari asal suara murey batu itu dan bereaksi untuk bertarung. adapula  murey kita lagi ngedrop atau ada kendala dia males bunyi akibat terjatuh kita bisa mengantisipasinya.


Cara memulihkan murey batu sters
Cara memulihkan murey batu sters
Ada beberapa cara salah satunya dengan  cara  perawatan dan penyetelan pakan untuk burung murey batu itu.  juga pasokan  pakan ikut mempengaruhi prosesnya,  diantaranya ;

1.memberikan jangkrik bisa 26 ekor sehari.
 disarankan pemberian jangkrik pada pagi hari setelah di mandikan 10 ekor dan sore sisanya 16 ekor, biasakan pake  jangkrik  alam soalnya mengandung protein yang sangat tinggi dan lebih baik untuk tambahan pasokan  protein burung dan bulu burung ituh sendiri sehingga burung kita rajin bunyi dan suara burung makin lepas

 2 berikan ulat 6 ekor pagi 3-sore 3 
; disarankan pemberian ulat jangan terlalu banyak cukup 6 saja sesudah dimandikan pagi diberi 3 ekor bersamaan dengan jangkrik dan sore setelah dimandikan diberi 3 supaya daya tahan tubuh burung murey kita tetap vit dan terjaga kondisi tubuhnya .

 3.jemur dari jam 8 sampai jam 10
 ; menjemur burung jangan terlalu lama cukup dari jam 8 -10 karena sinar matahari pada waktu itu sangat  banyak mengandung vitamin baik untuk tubuh burung murey kita agar selalu bugar dan segar .
4.biasakan di angin anginkan 
; setelah penjemuran selesai burung disarankan sebaikanya jangan langsung di krodong biasakan di angin- anginkan selama 1-2 jam di tempat teduh  supaya ada jarak penyegaran  dia agar relaksasi untuk berkicauw kalau bisa tambahkan ulat 2 ekor .

 5.mandikan pagi sore
 ;selama proses pemadian burung pada waktu pagi hari, kita sebaiknya membersihkan sangkar nya terlebih dahulu , dari alas tempat kotoran nya kita sikat hingga bersih dan tempat pakan nya kita bersihkan tangkringan nya kita bersihkan air minumnya kita ganti dengan yang baru kita ulang juga pada waktu sore hari kita bersihkan lagi sama .

  6.krodong istirahatkan
 ;  selanjutnya setelah kita angin anginkan sekitar jam 11 kita tutup jauhkan dari burung murey lain agar burung menjadi tenang biarkan burung murey kita istirahat agar ke esokan harinya burung menjadi segar dan berkicauw  kembali.

Mungkin perawatan tiap orang berbeda - beda akan tetapi semuanya mengarah pada tujuan yang baik supaya burung yang kita miliki agar lebih baik lagih dan terhindar dari stress . banyak orang yang belum tahu tentang merawat burung Murey nya yang sedang ngedrop dan stress ini adalah pengalaman sayah salah satunya . mungkin ituh yang dapat sayah sampaikan pada kesempatan kali ini semoga  sebagian ilmu dan tips dari saya agar bermanpaat untuk anda   Cara Memulihkan  Murey Batu yang sedang ngedrop atau stress dan perawatannya supaya murey batu  saya doakan lekas berbunyi kembali                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        
advertisement